Monday, 21 September 2015

Mengenal Misi Medis Suriah (Bagian 1): Sejarah dan latar belakang NGO Misi Medis Suriah!

MMS- Diprakarsai oleh akhi Fathi Nasrullah bin Yazid Attamimi sejak tahun 2011 dan saat itu dibantu oleh sekelompok Mahasiswa yang merupakan anggota Organisasi Pemuda Al-Irsyad.
Mulanya terkoordinasi di bawah Organisasi Pemuda Al-Irsyad, tapi kemudian secara perlahan melepaskan diri dan berdiri sendiri.
Fase aktivitas offline MMS mulai dilakukan saat masih di bawah Organisasi Pemuda Al-Irsyad tersebut. Dibantu oleh segenap pengurus dan anggotanya, terutama sekali yang berkedudukan di wilayah Yogyakarta.

Pada sekira bulan Juli/Agustus 2013, dimulai fase online. Ketika seluruh operasionalnya dipusatkan pada satu akun pribadi facebook "Fathi Yazid Attamimi". Saat itu nyaris tidak ada yang membantu kecuali akhi Ikrimah bin Yazid Attamimi yang merupakan adik dari Fathi, yaitu dengan menyediakan sebuah rekening BCA pribadi beliau untuk menampung dana yang masuk.

Tak berapa lama kemudian, mulai berdatanganlah beberapa orang tak dikenal (belum pernah jumpa) yang ikut membantu. Mulai promosi atau menyebarkan informasi, hingga menyediakan rekening bank MANDIRI. Diantaranya adalah ust. Abu Muhammad Herman, Akhi Abu Ahmad dan lain-lain.
Pada saat masih fase offline (bersama Al-Irsyad), MMS pernah dua kali mengirimkan bantuan, senilai 2 ribu dollar. Yang dititipkan melalui Organisasi KISPA (Komite Solidaritas Indonesia Palestina) pimpinan Ust. Ferry Nur. Pada saat itu beliau berangkat ke Turki dan menyerahkan bantuan melalui IHH, sebuah lembaga kemanusiaan Turki yang dahulu menyelenggara aksi "Freedom Flotila" dan kapal Mavi Marmara yang sangat terkenal itu untuk menembus laut Gaza, dan kemudian diserang oleh tentara Israel sehingga menyebabkan 10 relawannya syahid (Insya Allah).
Kemudian sekali lagi mengirim sekira 1.000 dollar yang dikirimkan via Western Union.

Lalu sejak dimulai fase online, Alhamdulillah hitungan kasar telah dikirim sekitar 15 s/d 16 milyar rupiah langsung ke Suriah untuk berbagai operasional bantuan. Seperti:
1. Medis (obat-obatan, tenaga ahli dan ambulans),
2. Program pendidikan,
3. Media atau jurnalistik terdepan dan terpanas,
4. Santunan bulanan pada anak yatim,
5. Operasional pabrik roti (belasan ribu lembar per hari),
6. Membuka sebuah jalur lalu lintas bantuan baru,
7. Bantuan usaha dan sosial dengan warga di sana, seperti pernikahan dan transportasi anak sekolah,
8. Bantuan di pengungsian,
9. Program Kurban di Suriah,
10. Buka puasa di kamp pengungsian hingga kampung-kampung,
11. Program musim dingin (winter project)
12. Dan lain-lain, bantuan yang sifatnya insidensial

Saat ini MMS mempunyai sebuah kantor sekretariat di jalan. Kaliurang km 6.8, Sleman, Yogyakarta.
Adapun status MMS telah bernaung di bawah Yayasan bernama "Misi Medis Sosial dan Kemanusiaan" sejak SK-nya diterbitkan pada bulan Syawal tahun lalu (2014). Sedang pengurus inti dari MMS dipegang oleh keluarga Attamimi yang Insya Allah amanah lahir bathin, dengan rincian pengurus:
1. Pembina utama: Ust. Yazid Isa Attamimi, beliau juga termasuk pendiri berbagai yayasan Ahlusunnah di Indonesia
2. Ketua Umum: Akhi Fathi Nasrullah Attamimi, beliau juga merangkap ketua harian, jurnalis lepas dan ketua lapangan
3. Bendahara: Akhi Ikrimah Attamimi
4. Relawan dan relasi: Akhi Ihsan, dr. Henri, dr. Muslih, Abu Walid, kawan-kawan GPS, kawan-kawan Coin4Syam, AFIS, simpatisan ghaib Wagaring dll

----------------------------------------
Semoga Allah jadikan kita sebagai orang yang jujur dan ikhlas dalam niat, perkataan serta perbuatan. Berikut ini adalah sarana dari kami sebagai jembatan persaudaraan dan kemanusiaan antara Indonesia dan Suriah:
Suriah (Umum)
- MANDIRI 900 0019 330 720 (Kcp. Katamso, Yogyakarta)
- BCA 1691 967 749 (Kcu. Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
- BRI 0029 0110 999 7500 (Kcu. Cik Ditiro,Yogyakarta)
- BNI 0317 563 523 (Kcp. Parang Tritis,Yogyakarta)