Friday, 20 May 2016

Beda dana donasi dan dana operasional dalam penggalangan MMS

1. Donasi Kemanusiaan
Dana donasi adalah semua dana yang dikumpulkan dari para dermawan di Indonesia maupun negara lainnya, yang 100% akan dialokasikan untuk menjalankan program-program kemanusiaan MMS di Suriah dan bantuan ke tempat lainnya yang disepakati (contoh: Rohingya, tanggap bencana, bantuan sosial dll).

Jadi, selama suatu pembiayaan (operasional) berhubungan langsung dengan proses menjalankan program, maka ini bisa diambil dari dana donasi. Contohnya adalah program pelayanan medis keliling, maka dari donasi bisa dialokasikan untuk operasional kegiatan, seperti biaya solar kendaraan, dana darurat, konsumsi hingga tunjangan dalam jumlah proporsional bagi relawan/dokter. Sementara kebutuhan utamanya adalah medis dan obat-obatan.

Jika suatu kebutuhan tidak ada hubungannya dengan program, walaupun itu berasal dari lembaga maupun pengurus, maka MMS tidak akan melakukan pembiayaan itu dengan mengambil dana dari donasi, walaupun hanya satu rupiah.

MMS menjamin bahwa donasi yang dikumpulkan tidak ada pemotongan apapun, terlebih untuk keuntungan pribadi (Na'udzubillah..). Kami berprinsip bahwa uang donasi, terlebih untuk Suriah, adalah uang yang di dalamnya "bercampur" dengan mahalnya darah orang-orang Suriah.

Saat ini, untuk penggalangan dana donasi, MMS menggunakan nomor rekening pribadi 4 bank atas nama Ikrimah bin Yazid Attamimi. Keempat nomor ini telah dihibahkan untuk MMS.

Mengapa masih menggunakan rekening pribadi?
1. Lebih mudah dan praktis untuk penggunaan, terlebih fasilitas dari Bank
2. Mendukung keperluan pembelian mata uang Dollar AS secara realtime

Berikut nomornya rekeningnya:
Misi Medis Sosial dan Kemanusiaan
- MANDIRI 900 0019 330 720 (Kcp. Katamso, Yogyakarta)
- BCA 1691 967 749 (Kcu. Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
- BRI 0029 0110 999 7500 (Kcu. Cik Ditiro, Yogyakarta)
- BNI 0317 563 523 (Kcp. Parang Tritis, Yogyakarta)
Semua atas nama IKRIMAH

2. Dana Operasional
Mulai bulan Februari 2016, untuk pertama kali MMS membuka penggalangan khusus untuk kebutuhan operasional lembaga. Dimana sebelumnya kebutuhan ini ditanggung secara pribadi oleh pihak pengurus.

Berbeda dengan donasi kemanusiaan, sumbangan dana operasional ini bisa lebih fleksibel digunakan oleh tim MMS untuk berbagai kebutuhan lembaga di Indonesia. Diantaranya adalah:
1. Biaya transportasi untuk acara penggalangan dana
2. Dana konsumsi tim MMS di Indonsia (tidak sampai 5 orang)
3. Dana pengembangan lembaga dan media
4. Pembelian perangkat yang diperlukan untuk kepentingan umat
5. Kebutuhan tak terduga

Untuk operasional, berikut nomor rekeningnya:
- MANDIRI 171 000 150 6743 (Kcp. Kediri Joyoboyo)
- BCA 298 052 9935 (Kcp. Joyoboyo Kediri)
- BRI 126 101 001 79 8500 (KK. Buli)
Semua atas nama IHSANUL FARUQI

Terima kasih banyak atas kepercayaan para donatur pada MMS selama ini, walaupun kami sendiri mengakui masih terdapat banyak kelemahan dan kekurangan lembaga kecil kami ini.

Jazakumullah khairal jaza
Allah Yubaarik fiikum wa fii maalikum